UPT Puskesmas Makartitama Laksanakan Kegiatan Gerai Vaksin Tahap 1, 2 dan 3

DELIKKASUS.com | Tulang Bawang Pemerintah saat ini sedang sangat serius dalam menanggulangi pandemi Covid-19, hingga melakukan upaya import vaksin Covid-19 yang dipergunakan untuk seluruh masyarakat Indonesia guna mengejar angka Herd Immunity yaitu di angka 70%.

Akhirnya pemerintah memberikan target untuk dapat melaksanakan vaksinasi kepada seluruh masyarakat Indonesia hingga dua juta dosis dalam satu hari. Namun dalam proses pelaksanaannya, masih banyak masyarakat yang belum berani untuk melakukan vaksin karena hoax yang massif tersebar media sosial.

Merangsang Sistem Kekebalan Tubuh

Vaksin yang terdiri dari berbagai produk biologi dan bagian dari virus yang sudah dilemahkan yang disuntikkan ke dalam manusia, akan merangsang timbulnya imun atau daya tahan tubuh seseorang.

Mengurangi Risiko Penularan

Tubuh seseorang yang telah disuntikkan vaksin, akan merangsang antibodi untuk belajar dan mengenali virus yang telah dilemahkan tersebut. Dengan demikian, tubuh akan mengenai virus dan mengurang risiko terpapar.

Mengurangi Dampak Berat dari Virus Dengan kondisi kekebalan tubuh yang telah mengenali virus, maka jika sistem imun seseorang kalah dan kemudian terpapar, maka dampak atau gejala dari virus tersebut akan mengalami pelemahan. Browse

Mencapai Herd Immunity

Semakin banyak individu yang melakukan vaksin di sebuah daerah atau negara, maka Herd Immunity akan tercapai, sehingga meminimalisir risiko paparan dan mutasi dari virus Covid-19.

dr Dwi Handayani P. selaku kepala UPT Puskesmas Makartitama Kampung Sukabakti Kecamatan Gedung Aji Baru menggelar kegiatan Gerai vaksin 1 2 dan 3 untuk sasaran masyarakat.

dr. Dwi Handayani P, mengatakan, Vaksin I, II dan III yang digunakan pada hari ini vaksin jenis Sinovac dan Boster, di berikan vaksin untuk warga masyarakat Kampung Sukabakti, memastikan kegiatan sesuai yang di harapkan oleh Pemerintah.

“Warga masyarakat Kampung Sukabakti yang melaksanakan Vaksin Covid 19 usia 12 tahun hingga lansia bertempat di Gerai Vaksin Puskesmas Makartitama Kecamatan Gedung Aji Baru,” jelasnya.

“Pada kesempatan Vaksinasi Covid 19 usia 12 tahun hingga lansia, masyarakat mentaati 5M yaitu Memakai Masker dalam segala aktifitas, Mencuci tangan dengan sabun cair sesering mungkin, Menjaga jarak dalam segala aktifitas dengan orang lain, Menjauhi keramaian/kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Vaksinasi bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh/kelompok (herd immunity), vaksinasi Covid-19 ini dilakukan agar masyarakat terhindar dari penyakit Covid-19 dan dapat beraktivitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kita terus lakukan monitoring pengamanan dan pelaksanaan vaksinasi yang ada diwilayah Kampung Sukabakti.

Warga sangat antusias dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah atas pemberian Vaksin Covid-19 ini, dr. Handayani. P memberi apresiasi pada warga yang antusias untuk mendapatkan vaksin. Hal ini, membantu pemerintah dalam mewujudkan herd imunity atau kekebalan kelompok dalam penanganan Covid-19.

Kegiatan Vaksin merupakan bentuk kepedulian TNI, Polri dan pemerintah untuk menciptakan herd immunity dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19 di masyarakat, kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dilaksanakan pengamanan oleh anggota Polsek setempat sehingga kegiatan berlangsung aman, lancar dan kondusif. (Andika/Asep).

Pos terkait